Perkembangan Sistem Teknologi Informasi dan Komputer

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh...  Segala puji bagi Allah SWT. berkatnya kita semua mendapat segala kenikmatan seperti nikmat sehat, berfikir, hidup dan yang paling terpenting nikmat adalah nikmat ukhuwah islamyah. 
Di postingan pertama ini admin ingin berbagi sebuah artikel tentang Perkembangan Sistem Teknologi Informasi dan Komputer. Semoga postingan ini bisa menjadi referensi bagi kalian, informasi maupun dapat bermanfaat bagi kita semua. Aamiin...
Baiklah, disini admin akan membahas Apa itu Sistem Teknologi Informasi? kemudian bagaimana perkembangannya dari masa ke masa, bagaimana perkembangan komputer? sebelum kita mengetahuinya ada baiknya kita mengetahui satu persatu dari masing-masing kata. di bawah ini akan di jelaskan Apa itu Sistem? Teknologi? Informasi?
A. Pengertian
1. Sistem adalah sistem adalah himpunan Unsur-unsur yang saling berkaitan sehingga membentuk suatu kesatuan yang utuh dan terpadu (Raymond Mcleod, 2001).
2. Teknologi adalah teknologi berasal dari bahasa Yunani yaitu “Teknos” dan “Logos”. yang artinya "Teknos" ==> teknis, teknik atau cara sedangkan "Logos" ==> Ilmu. jadi dapat di artikan teknologi adalah suatu kajian ilmu yang mempelajari tentang suatu teknik atau sebuah cara untuk menciptakan ke efisiensian aktivitas.
3. Informasi adalah kumpulan dari beberapa data mentah yang kemudian di olah atau di susun dan akhirnya menjadi sebuah gagasan yang memiliki nilai dan dapat di terima baik bagi yang menerimanya.
jadi, dari ketiga pengertian tadi dapat kita simpulkan Sistem Teknologi Informasi adalah suatu sistem yang menerapkan teknologi (ilmu cara) atau secara teknis untuk memperoleh/mencari,menyebarkan/memberikan informasi.
B. Perkembangan Sistem Teknologi Informasi dan komputer
    1. Perkembangan Sistem Teknologi Informasi
              Nenek moyang kita pada zaman dahulu menggunakan alat-alat sederhana untuk melakukan komunikasi atau meberikan informasi, salah satu contoh alat yang digunakan untuk menyebar informasi adalah kentongan, kentongan adalah alat yang cara kerjanya mengetuk/memukulnya guna untuk memberi peringatan atau mengajak kumpul orang banyak. Dan masih banyak lagi alat tradisional yang digunakan oleh nenek moyang kita dengan berbagai bentuk dan nama yang sesuai tempat terciptanya alat tersebut. Kemudian, Dewasa ini perkembangan teknologi informasi berkembang pesat mulai dari peralatan sampai sofware aplikasi pendukung. Satu contoh yang sama seperti alat pengeras suara "megapon" yang digunakan untuk mengeraskan suara saat menyebarkan informasi pada orang banyak. perkembangan ini di dukung karena peningkatan jumlah populasi dan meratanya penggunaan teknologi informasi yang dkarenakan peran teknologi sangat membantu pekerjaan manusia.
              Memperhatikan perkembangan Sistem Teknologi Informasi tersebut, kita akan mempelajari tingkat demi tingkat, masa demi masa dan tahun demi tahun perkembangan Sistem Teknologi Informasi mulai dari masa pra-sejarah, masa sejarah dan sampai masa modern.
      a. Masa Pra-sejarah (... s/d 3000SM)
           Pada awalnya Teknologi Informasi yang di gunakan oleh manusia pada masa ini berfungsi sebagai sistem untuk mengenal bentuk-bentuk yang ada. Mereka menggambarkan atau menjelaskan informasi yang mereka dapatkan pada dinding gua tentang berburu dan binatang buruannya. Pada masa ini mereka mulai melakukan pengidentifikasian terhadap benda-benda yang ada disekitar lingkungan mereka tinggal dan mewakilinya dengan bentuk-bentuk dan kemudian mereka lukis pada dinding gua tempat mereka tinggal. Kemampuan mereka dalam berbahasa hanya sebatas suara dengusan dan isyarat tangan sebagai bentuk awal komunikasi mereka pada masa ini.
      b. Masa sejarah
               Pada masa ini Teknologi Informasi belum menjadi teknologi masal seperti ang kita kenal sekarang ini, teknologi informasi masih digunakan oleh kalangan yang terbatas saja dan digunakan pada saat-saat khusus.
      c.  3000 SM
              Untuk pertama kali tulisan digunakan oleh bangsa sumeria dengan menggunakan simbol-simbol yang dibentuk dari pictograf sebagai huruf. Simbol atau huruf-huruf ini juga mempunyai bentuk bunyi yang berbeda (penyebutan), sehingga mampu menjadi kalimat, kata dan bahasa.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEid5urQRry_tdYnf5AXLsHE8782kO_QKWZBwjsGgxL3zNq9EIOKm2h4ab2Yaq1v11yauoQwbcyaeLgwkU_MckdCCvQu1V2_mys_mG_1lZvEFJavUkTiRuioitQJNU8cbdLQjdaA1WC7q4A/s1600/Pictograf+sumeria.jpg
             https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEid5urQRry_tdYnf5AXLsHE8782kO_QKWZBwjsGgxL3zNq9EIOKm2h4ab2Yaq1v11yauoQwbcyaeLgwkU_MckdCCvQu1V2_mys_mG_1lZvEFJavUkTiRuioitQJNU8cbdLQjdaA1WC7q4A/s1600/Pictograf+sumeria.jpg
      d. 2900 SM
               Penggunaan huruf hierogliph pada bangsa Mesir Kuno merupakan bahasa simbol dimana setiap ungkapan diwakili oleh simbol yang berbeda, yang ketika digabungkan menjadi satu akan mempunyai cara pengucapan dan arti yang berbeda. bentuk tulisan dan bahasa hierogliph ini lebih maju dibandingkan dengan tulisan bangsa sumeria.
Image result for hieroglyph
https://www.google.com/url?sa=i&rct=j&q=&esrc=s&source=images&cd=&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwi__uTB7L7WAhXJtY8KHULgA_sQjRwIBw&url=https%3A%2F%2F4815162342execute.wordpress.com%2Flost-themes%2Fhieroglyphs%2F&psig=AFQjCNF19y_lwxSKnyPkjn_WpAlJ_KhFaQ&ust=1506377731590858
     e. 500 SM
               Serat papyrus digunakan sebagai kertas yang terbuat dari serat pohon papyrus yang tumbuh di sekitar sungai nil ini menjadi media menulis/media informasi yang lebih kuat dan fleksibel dibandingkan dengan lempengan tanah liat yang sebelumnya digunakan sebagai media informasi.
Related image
https://www.google.com/url?sa=i&rct=j&q=&esrc=s&source=images&cd=&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwjj-eeKlr3WAhVFsY8KHTevCVIQjRwIBw&url=https%3A%2F%2Fsimple.wikipedia.org%2Fwiki%2FEbers_papyrus&psig=AFQjCNHNiQCIbhmTspOl63K0zZ3l41_uIg&ust=1506320162437471

      f. 105 SM
Related image
              Bangsa Cina menemukan kertas, kertas yang ditemukan oleh bangsa Cina pada masa ini adalah kertas yang kita kenal sekarang. Kertas ini dibuat dari serat bambu yang dihaluskan, disaring, dicuci kemudian diratakan dan dikeringkan. Penemuan ini juga memungkinkan sistem pencetakan yang dilakukan dengan menggunakan blok kayu yang ditoreh dan dilumuri oleh tinta atau yang kita kenal sekarang dengan sistem cap.
     
    g.  Masa modern (1400 M s/d sekarang)
  • Tahun 1455 mesin cetak yang menggunakan plat huruf yang terbuat dari besi yang bisa diganti-ganti dalam bingkai yang terbuat dari kayu dikembangkan untuk pertama kalinya oleh Johan Gutenberg.
  • Tahun 1830 Augusta Lady Byron menulis program komputer yang pertama di dunia bekerja sama dengan Charles Babbage menggunakan mesin Analytical-nya yang didesain mampu memasukan data, mengolah data dan menghasilkan bentuk keluaran dalam sebuah kartu. Mesin ini dikenal sebagai bentuk komputer digital pertama yang pertama walaupun cara kerjanya lebih bersifat mekanis daripada bersifat digital, 94 tahun sebelum komputer digital pertama ENIAC I dibentuk.
  • Tahun 1837 Samuel Morse mengembangkan Telegraph dan bahasa kode Morse bersama Sir William Cook dan Sir Charles Wheatstone yang dikirim secara elektronik antara 2 tempat yang berjauhan melalui kabel yang menghubungkan kedua tempat tersebut. Pengiriman dan penerimaan informasi ini mampu dikirim dan diterima pada saat yang hampir bersamaan waktunya. Penemuan ini memungkinkan dapat dipergunakan secara luas oleh masyarakat tanpa ada halangan jarak dan waktu.
  • Tahun 1861 Gambar bergerak yang proyeksikan kedalam sebuah layar pertama kali di gunakan sebagai cikal bakal film sekarang. 
  • Tahun 1876 Melvyl Dewey mengembangkan sistem penulisan desimal. Tahun yang sama Alexander Graham Bell menciptakan dan mengembangkan Telepon yang dipergunakan pertama kali secara umum.
  • Tahun 1899 dipergunakan sistem penyimpanan dalam tape (pita) Magnetis yang pertama.
  • Tahun 1923 Zvorkyn menciptakan tabung TV yang pertama.
  • Tahun 1940 dimulainya pengembangan ilmu pengetahuan dalam bidang informasi pada masa perang dunia 2 yang diepergunakan untuk kepentingan pengiriman dan penerimaan dokumen-dokumen militer yang disimpan dalam bentuk magnetic tape.
  • Tahun 1945 Vannevar Bush mengembangkan sistem pengkodean menggunakan Hypertext.
  • Tahun 1946 Komputer digital pertama di dunia ENIAC I dikembangkan.
  • Tahun 1948 para peneliti di Bell Telephone mengembangkan Transistor.
  • Tahun 1972 Ray Tomlinson menciptakan program e-mail yang pertama.
  • Tahun 1973 - 1990 istilah INTERNET diperkenalkan dalam sebuah paper mengenai TCP/IP kemudian dilakukan pengembangan sebuah protokol jaringan yang kemudian dikenal dengan nama TCP/IP yang dikembangkan oleh grup dari DARPA, 1981 National Science Foundation mengembangkan Backbone yang di sebut CSNET dengan kapasitas 56 Kbps untuk setiap institusi dalam pemerintahan. Kemudian pada tahun 1986 IETF mengembangkan sebuah server yang berfungsi sebagai alat koordinasi diantara DARPA, ARPANET, DDN dan Internet Gateway.
    2. Perkembangan Komputer 
              Komputer pada masa ini sangat sering kita gunakan dari kalangan manapun, baik itu
         kalangan anak-anak, remaja dan dewasa yang berprofesi maupun yang tidak, yang bekerja
         maupun tidak.Penggunaan Komputer sangat beragam, mulai dari mengerjakan tugas, kerjaan
         kantor, memberikan atau mengakses informasi, berkomunikasi dengan orang lain sampai
         bermain game. Tetapi apakah kita mengetahui atau pernah bertanya bagaimana komputer itu
         bisa tercipta? apa yangmengawali terciptanya komputer? bagaimana prosesnya? siapa yang
         pertama kali yang menciptakan komputer?. Berikut ini adalah perkembangan Komputer dari
         tahun 1946 sampai sekarang.
  • Komputer Generasi Pertama (1946-1959) Tabung Vakum
                Komputer generasi pertama dibuat pada tahun 1946 dengan tabung vakum sebagai bagian
          bagian dasar kerja komputer ini. Tabung vakum akan menghasilkan energi panas dan memerlu
          -kan daya listrik yang besar sehingga sangat tidak efisien. salah satu contoh komputer 
          generasi pertama adalah ENIAC "Electronic Numerical Integration and Computer" yang
          dibuat oleh Mauchly dan Echert. ENIAC menggunakan 18000 tabung dengan ukuran 1800
          kaki atau sepanjang 30 m berbentuk persegi dan berat 30 ton.
               Komputer generasi ini memiliki kemampuan terbatas dalam menyelesaikan suatu masalah
          dalam satu waktu. Untuk melakukan input digunakan kartu berlubang (punched cards) dan pita
          kertas. Output yang dihasilkan adalah sebuah print-out. Meski dengan fungsi yang sangat
          terbatas tetapi biaya pembuatan komputer generasi ini terbilang sangat tinggi sekitar satu juta
          dollar.
komputer generasi pertama

  • Komputer Generasi Kedua (1959 - 1965) Transistor
komputer generasi kedua               Munculnya teknologi Transistor menyebabkan awal komputer generasi kedua muncul. Teknologi Transistor menggantikan peran tabung vakum pada generasi pertama, kemunculan Transistor melambangkan penigkatan teknologi dari masa itu. Hal tersebut mengubah semua ukuran
mesin-mesin elektrik. Penemuan berupa pengembangan memory inti magnetik membuat
pengembangan komputer generasi kedua lebih cepat, lebih kecil dan lebih hemat dengan komputer pada generasi pertama. Tingkat kegagalannya juga cenderung lebih kecil bila dibandingkan dengan komputer generasi pertama yang dibuat dengan
tabung vakum.

  • Komputer Generasi Ketiga (1965 - 1971) Sirkuit Terintegrasi

    komputer generasi ketiga
    http://www.nesabamedia.com/wp-content/uploads/2017/08/3.jpg

        Komputer generasi ketiga merupakan perkembangan yang sangat pesat. Jack kilby, seorang insinyur listrik di Texas Instrument, mengembangkan Sirkuit Integrasi(Integrated circuit). IC pertama kali dikembangkan oleh Jack Kilby dan mendapat anugerah hadiah nobel atas penemuannya tersebut. Penemuannya tersebut memberikan peningkatan yang signifikan terhadap kecepatan dan efiesiensi dari sebuah komputer, serta membuat komputer di generasi ini jauh lebih kecil dibanding sebelumnya. Komputer di generasi ini menjadi komputer pertama yang mampu berinteraksi dengan menggunakan keyboard dan monitor dengan interface sistem operasi. Sebagai hasil dari pengembangan teknologi tersebut, komputer pada waktu itu dapat dijangkau untuk publik karena harganya yang lebih murah dan ukuran yang lebih kecil.

    • Komputer Generasi Keempat (1971 – Sekarang) Microprosesor

             Komputer pada generasi ini adalah komputer yang sering kita lihat atau kita gunakan, ini adalah generasi kita berada sekarang. Komputer yang kita biasa lihat merupakan komputer dari generasi keempat, “Microprosesor” adalah konsep utama dibalik generasi ini. Dalam satu chip, terdiri dari ribuan transistor dan elemen sirkuit lainnya yang dihubungkan menjadi satu. Perkembangan komputer generasi keempat tidak terlepas dari Intel, salah satu perusahaan pembuat chip yang telah menciptakan Intel 4004 Chip yang menjadi langkah awal pada perkembangan teknologi komputer yang kemudian menggantikan komponen komputer yang dulunya sebesar satu ruangan, kini hanya sebesar kepalan tangan. 

    Komputer Generasi Kelima
    http://1.bp.blogspot.com/-W1nIIIFHKdg/UrpZ6n5BpYI/AAAAAAAABa8/DWVyKq5KVDA/s1600/komputer++5.jpg

           Di tahun 1971 komputer pertama buatan IBM diciptakan yang didesain khusus untuk penggunaan rumahan dan tahun 1984 Macinthos pertama kali diperkenalkan oleh Apple. Melihat peningkatan yang terjadi pada komputer di generasi ini melahirkan ide untuk meciptakan sebuah jaringan komputer, yang akhirnya mengarah pada perkembangan dan kelahiran Internet. Kemajuan besar lainnya yang terjadi di generasi ini adalah diciptakannya Graphical User Interface (GUI), mouse, dan kemajuan yang menakjubkan lainnya hingga menghasilkan komputer yang bisa dibawa kemana-mana atau yang biasa disebut Laptop.

     

     

    Sumber :

    Nuryanto, Hery.Sejarah Perkembangan Teknologi dan Komunikasi. Jakarta: PT Balai Pustaka 

    Sundusiyah,Aida, 2012, Perkembangan Teknologi Informasi Komunikasi. jurmal. Volume 5. https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwjU9q_n977WAhVCLY8KHWaMCssQFggqMAA&url=http%3A%2F%2Ffile.upi.edu%2FDirektori%2FFPMIPA%2FJUR._PEND._FISIKA%2F196302071991031-WASLALUDDIN%2FBahan%2520Ajar%2FAida-Essay-PERKEMBANGAN_TEKNOLOGI_INFROMASI.pdf&usg=AFQjCNE3I6EKms1iGCThZa7xMBexjvU46Q, 23 September 2017.

    http://masterz-seo.blogspot.com/2013/12/sejarah-perkembangan-komputer-lengkap.html 

Komentar

Postingan Populer