Perangkat Lunak Sistem dan Aplikasi



A.    Perangkat Lunak
Perangkat Lunak system  adalah program yang  digunakan untuk mengontrol sumber daya computer.  Baik yang  bersifat internal ( misalnya RAM)  Maupun external ( Misalnya Printer).  Umumnya Kedudukan program  ini sebagai perentara Antara program  Aplikasi dan perangkat keras computer.  Itulah Makanya peran program system  tidak terlihat secara langsung.
B.     Klasifikasi perangkat lunak
Perangkat lunak secara umum dibagi menjadi dua, yaitu perangkat lunak sistem dan perangkat lunak aplikasi. Perangkat lunak sistem dapat dibagi lagi menjdai 3 macam yaitu:
1.      Bahasa pemograman :
Merupakan perangkat lunak yang bertugas mengkonversikan arsitektur dan algoritma yang dirancang manusia ke dalam format yang dapat dijalankan komputer, contoh bahasa pemograman diantaranya : BASIC, COBOL, pascal, C++, FORTRAN.
2.      Sistem operasi :
Saat komputer pertama kali di hidupkan, sistem operasilah yang pertama kali dijalankan, sistem operasi yang mengatur seluruh proses, menterjemahkan masukan, mengatur proses internal, memanejemen penggunaan memori dan memberikan keluaran ke peralatan yang bersesuaian, contoh sistem operasi : DOS, Unix, Windows 95, IMB OS/2, Apple’s System 7.
Sistem operasi sangat berkaitan dengan prosesor yang di gunakan. Jenis prosesor pada PC yang umum adalah yang kompatibel dengan produk awal IBM dan Macintosh. PC Macintosh, perangkat lunaknya di kembangkan oleh perusahaan yang sama sehingga perkembangannya tidak sepesat cloning IBM PC.
Sementara interaksi antara pengguna dan komputer di kenal melalui 2 cara, cara yang pertama adalah pemberian instruksi melalui penulisan perintah, atau dengan cara tunjuk (pointer) dengan tampilan grafis.
 

Aplikas Office

Perangkat lunak aplikasi perkantoran yang umumnyadalah pemroses kata dan pemroses tabel

Word : Program Pemroses Kata
Excel : Program Pemroses Tabel



Aplikasi Multimedia

Aplikasi multimedia saat ini sangat banyak dan beragam. Di katakan Multimedia karena selain penggunaan media teks, aplikasi ini dapat memproses / menampilkan dalam bentuk yang lain yaitu gambar, suara dan film.
 

Aplikasi Internet

Perangkat lunak yang berhubungan dengan internet sangat berkaitan dengan aplikasi internet. Aplikasi Internet adalah protokol yang digunakan untuk berhubungan antara satu orang atau mesin dengan pihak lain yang berjauhan. Aplikasi internet akan menyangkut dua sisi, yaitu sisi penyedia (server) atau sisi pengguna (client). Contoh aplikasi internet dan perangkat lunak dari sisi pengguna yang umum di gunakan adalah:

1.      HTTP (Hypertext Transfer protocol), merupakan aplikasi internet yang menampilkan baris kalimat, atau gambar, dengan beberapa kata yang di beri tanda garis bawah (hypertext).

 

2. E-mail (Electronic mail), merupakan aplikasi surat menyurat di internet. Setiap orang memiliki alamat e-mail, dan bisa saling bertukar dokumen satu sama lain. Contoh perangkat lunaknya adalah Outlook Express

Outlook Express



3.        Messenger

Messenger di gunakan untuk berkomunikasi antara satu orang atau lebih (conference), selain komunikasi melalu teks (messsage), juga bisa berupa suara (voice) mapun film (webcam).

Yahoo Messenger
                                                
3.      Utility :
Adalah program yang  dipakai secara langsung oleh pemakai untuk melakukan kegiatan yang  berhubungan dengan pengendalian atau pengalokasian sumber daya dalam system computer. Seperti ScanDisk Pada windows dan Tar pada Unix Dan linux.
Misalnya Untuk memformat disket atau memory. Di Lingkungan windows, program seperti Scandisk, Disk cleanup, dan disk defragmenter secara otomatis disertakan dalam komputer pada saat windows di instal. Namun Adakalanya anda harus menginstal sendiri karena memang bukan bagian dari system operasi
4.      Device Driver :
Adalah program yang  berfungsi untuk membantu kumputer mengendalikan piranti Piranti peripheral.  Sebagai Contoh Jika anda menghubungkan printer ke computer,  biasanya anda perlu menginstal program bawaan printer agar  computer  bisa mengendalikan printer tersebut.



Sumber :
Zakaria,Muhammad..Macam Perangkat Keras Komputer dan Pengertiannya. http://www.nesabamedia.com/pengertian-dan-macam-macam-perangkat-keras-komputer/

Komentar

Postingan Populer